Sabtu, 27 Oktober 2012

PERKEMBANGBIAKAN SECARA GENERATIF DAN VEGETATIF HEWAN & TUMBUHAN


Pada umumnya, proses perkembangbiakan hewan dan tumbuhan dibagi dalam dua skala besar yaitu Perkembangbiakan secara Generatif dan Vegetatif. Lalu, apa yang dimaksud dengan perkembangbiakan secara Generatif dan Vegetatif? Yuk kita intip ulasan singkat dibawah ini:

1. Perkembangbiakan secara Generatif

Perkembangbiakan secara generatif lebih dikenal dengan perkembangbiakan secara kawin atau seksual. Perkembangbiakan secara generatif ditandai dengan adanya pembuahan. Pembuahan itu sendiri yaitu proses dari peleburan antara sel telur (sel kelamin betina) dan sel sperma (sel kelamin Jantan) pada hewan, sedangkan pada tumbuhan yaitu proses dari peleburan benang sari (sel kelamin jantan) dan putik (sel kelamin betina) pada tumbuhan. 

Perkembangbiakan secara generatif menghasilkan individu yang memiliki perpaduan sifat-sifat dari kedua induknya.

2. Perkembangbiakan secara Vegetatif
Perkembangbiakan secara vegetatifdikenal dengan perkembangbiakan secara tidak kawin atau tak kawin. Perkembangbiakan ini ditandai dengan tidak adanya proses pembuahan, dalam artian bahwa perkembangbiakannya hanya melibatkan satu induk saja. 

Perkembangbiakan secara Vegetatifmenghasilkan individu yang memiliki sifat-sifat yang sama seperti induknya.

Berikutnya, akan saya jelaskan tentang: 

  1. Perkembangbiakan pada Hewan secara Vegetatif dan Generatif dan  
  2. Perkembangbiakan pada Tumbuhan secara Generatif dan Vegetatif 
pada artikel selanjutnya. Doakan yah semoga cepat selesai hehehhe 
Yup, akhirnya kedua artikel lanjutan di atas sudah rampung, silahkan langsung diklik untuk menuju ke artikel yang dimaksud. Dan terimakasih sobat pebelajar sudah mau berkunjung ke blog Jufry yang sederhana ini.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar